kartun

Pengertian kartun yang sebenarnya adalah meminjam istilah dari bidang fine arts. Kata kartun berasal dari bahasa Itali cartone yang berarti ”kertas”. Kata kartun pertama-tama digunakan untuk menyebut desain atau sketsa dalam ukuran penuh untuk lukisan cat minyak, permadani atau mozaik. Kata tersebut memperoleh arti yang dikenal orang masa kini secara kebetulan.(http://basnendar.dosen.isi-ska.ac.id/2010/07/26/kajian-makna-kartun-editorial-melalui/)

Pengertian kartun adalah sebuah gambar yang bersifat reprensentasi atau simbolik, mengandung unsur sindiran, lelucon, atau humor. Kartun biasanya muncul dalam publikasi secara periodik, dan paling sering menyoroti masalah politik atau masalah publik. Namun masalah-masalah sosial kadang juga menjadi target, misalnya dengan mengangkat kebiasaan hidup masyarakat, peristiwa olahraga, atau mengenai kepribadian seseorang. (Setiawan, 2002:34, http://basnendar.dosen.isi-ska.ac.id/2010/07/26/kajian-makna-kartun-editorial-melalui/)

kartun sudah berkembang menjadi salah seni yang digemari oleh kebanyakan orang. kartun sendiri berkembang menjadi bebrapa seni yang sekarang ini dapat kita temui dimana saja seperti kartun bisa digunakan untuk fine art (seni rupa), seni pertunjukan.

dalam fine art/seni rupa kartun digunakan untuk menyampaikan suatu pesan. kartun tersebut bisa terdiri dari satu gambar atau beberapa gambar. gambar-gambar tersebut mewakili suatu pesan yang ingin disampaikan. tidak hanya pesan terkadang bisa berisi lelucon atau humor. kartun yang digunakan bisa berbentuk poster, buku bergambar, ataupun komik dlsb.

dalam seni pertunujukan fungsi kartun juga sama yaitu untuk menyampaikan pesan, namun dalam bentuk yang beberbeda karena bentuk karun yang di gunakan merupakan gambar bergerak. pada mulanya gambar bergerak terebut di buat dangan beberapa kertas yang di gambar satu per satu pergerakan karakter yang di gambar, namun di jepang sudah di temukan cara membuat gambar-gambar tersebut dengan komputer tanpa harus menghabiskan banyak kertas. gambar bergerak tersebut sering disebut film kartun.

film karun tersebut sudah ada banyak didunia. film kartun yang berasal dari barat seperti amerika biasanya menggunakan bentuk gambar yang terlihat ramah untuk dilihat anak-anak di bawah umur, sedangkan film kartun yang berasal dari jepang biasanya menggunakan bentuk gambar yang terlihat hampir seperti aslinya atau terlihat artistik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s